Kamis, Desember 01, 2016

20161201 Gaigosai 2016 Hari Ketiga (21 November 2016)

Ini postingan ketiga sebagai lanjutan dari postingan "20161201 Gaigosai 2016 Hari Pertama (19 November 2016)" dan "20161201 Gaigosai 2016 Hari Kedua (20 November 2016)"

Gaigosai Hari Ketiga
Hari ini sebetulnya aku merencanakan untuk menghabiskan waktu di kamar saja setelah pergi ke Kantor Imigrasi di Tachikawa. Menyiapkan materi untuk pelajaran bahasa Jepang Pak Daniel, dosen Sastra Indonesia UI yang saat ini menjadi dosen tamu di TUFS.
Aku perlu ke Kantor Imigrasi di Tachikawa karena aku perlu mendaftarkan izin untuk melakukan kerja sambilan. Bukannya karena aku butuh kerja sambilan, sih. Tapi buat jaga-jaga aja kalau suatu saat perlu.
Aku sengaja berangkat pagi supaya tidak terlalu panjang antriannya. Aku tiba sekitar pukul 8.45 pagi. Loket baru dibuka jam 9, tetapi sudah ada beberapa orang yang mengambil nomor antrian. Aku mendapat nomor antrian kelima, lalu aku mengisi formulir yang diperlukan sambil menunggu loket dibuka.
Aku bersyukur bangun lebih pagi hari itu, karena urusan di kantor imigrasi itu bisa selesai sebelum jam 10. Aku harus kembali 2 minggu kemudian untuk mengambil izin kerja sambilanku.
Saat aku berada di dalam bis menuju Stasiun Tachikawa, aku mendapat pesan dari Arika, lulusan jurusan bahasa Malaysia TUFS yang aku kenal saat jadi mahasiswa Japanese Studies. Dia mengatakan bahwa dia berada di Tokyo, dan akan datang ke Gaigosai!
Aku hampir melonjak di dalam bis saking senangnya. Kami terakhir bertemu bulan Januari kemarin di Solo, sebelum aku kembali ke Tokyo. Saat itu, ia sedang berlibur sebelum kelulusan dengan sahabat karibnya, Akari, karena mereka akan wisuda bulan Maret kemarin.
Akhirnya aku memutuskan untuk minta izin ke Pak Daniel untuk meliburkan pelajaran bahasa Jepang hari ini, karena aku pasti akan jarang bertemu Arika lagi yang saat ini bekerja di Prefektur Yamaguchi.
Sekitar pukul 11 aku mendapat pesan dari Arika lagi yang mengatakan bahwa ia sudah tiba di kampus. Aku segera keluar asrama dan menuju Gaigosai. Aku sedang melewati jalan tempat stand-stand klub olahraga dan komunitas mahasiswa saat hapeku berdering karena panggilan dari Arika. Aku baru saja mengatakan "moshi-moshi" ketika aku mendengar teriakan "Ganaaa" dari sampingku.
Aku menoleh dan kulihat Arika yang tersenyum lebar sambil berjalan cepat ke arahku. Tidak butuh waktu lama untuk aku menyadari sosok lain yang kukenal yang berdiri di belakangnya. Akari juga datang!
Benar-benar suprise yang menyenangkan! Arika tidak mengatakan apa-apa sebelumnya bahwa Akari juga akan datang. Rasa senangku berlipat-lipat karena bisa menemui keduanya langsung hari ini. Untuk info saja, Akari saat ini bekerja di Sendai, yang letaknya ada di utara Tokyo, sedangkan Yamaguchi tempat Arika bekerja, ada di bagian selatan Honshu yang dekat dengan Kyushu. Jadi, bisa dibayangkan susahnya kalau mau ketemu mereka sekaligus.
Akhirnya hari itu kami berkeliling stand-stand komunitas-komunitas mahasiswa. Salah satunya, kami mengunjungi stand komunitas mahasiswa Asia Tengah. Kami mendengarkan mahasiswa Jepang yang pernah belajar di Asia Tengah memainkan alat musik tradisional. Aku ga begitu paham musik, tapi menurutku mereka lumayan bagus mainnya. Dan stand itu sendiri lebih tepat dibilang tenda. Karena ada pintu tempat kami bisa masuk dan duduk mendengarkan permainan musik tadi di atas karpet dengan corak warna-warni.
Setelah itu, kami mengunjungi stand-stand masakan Malaysia dll. Kami membeli berbagai makanan untuk saling kami bagi. Jadi, kami bisa mencoba banyak makanan sekaligus! Gaigosai memang asiknya dikelilingi ramai-ramai!
Aku sudah bilang di postingan tentang hari pertama, sih, tapi aku harus bilang lagi kalau nasi goreng di Stand Malaysia enak banget!
Hari ini aku ga mampir ke Stand Makanan Indonesia, sih. Tapi aku bertemu Kisa dan Ayu (ini orang Jepang asli, loh. Tapi namanya Indonesia banget, yak?) yang sedang menjual pisang goreng dengan berkeliling. Karena hanya tinggal satu, aku memutuskan untuk membelinya dan memberikannya ke Arika dan Akari.
Hari ini Senin, sih. Orang-orang kerja jadinya ga begitu banyak yang datang.
Uuuh.. Pingin main bareng kalian lagiii...

Akari yang berbadan tinggi sampai harus menekuk lututnya biar stand Malaysia-nya kelihatan... Hihihi...
Mereka harus kembali bekerja besok, jadi jam 3 sore mereka pamit pulang. Arika sempat memberikan coklat oleh-oleh saat mereka berlibur ke Azerbaijan sebelumnya. Enak banget, Booook! Lembut meleleh gitu di dalam mulut! Sekali makan, aku ga kuat nahan godaan untuk langsung ngabisin!
Ntah siapa namamu. Tapi kamu enak banget!

Setelah mengantar mereka sampai Stasiun Tama, aku kembali ke Gaigosai dan melihat pertunjukan tari Flamenco. Kenapa Flamenco? Karena Ayu yang kutemui sebelumnya, sudah memakai pakaian tari dan berdandan untuk pertunjukannya. Saat itu dia meminta aku menyempatkan diri menonton penampilannya.
Aku hanya sempat melihat bagian akhirnya saja, sih. Tapi menurutku mereka keren sekali!
Pingin deh punya kemampuan yang bisa ditampilin kaya gitu. Tapi gerakan tariku kaku, suaraku fals, dan aku ga punya bakat main alat musik. Hahaha... Syedyih...
Foto dengan Ayu dan Pak Daniel
Beliau juga menonton untuk mendukung Ayu, mahasiswanya.

Foto berdua dengan Ayu
Karena sorenya aku ada janji dengan Sarah, teman seangkatan di UGM yang saat ini sedang S2 di Waseda University, untuk menonton film "Kimi no Na wa", (jiaaah, baru mau nonton), aku segera kembali ke asrama setelahnya.
Aku melewati stand komunitas lagi, dan melihat salah satu orang yang kukenal, Naho-chan, mahasiswa tingkat kedua jurusan bahasa Mandarin. Ia sedang berjaga di stand Es Tempura. Karena aku penasaran seperti apa sih tempura yang berisi es itu, aku memutuskan untuk membeli dua rasa. Rasa yang populer dan rasa yang sedang dimakan oleh Naho-chan. Kan Es makanan penutup, jadi gapapa dong agak banyak. Hihihi.
Es tempura
Aku lupa ini rasa apa. Enak kok.

Es tempura
Aku juga lupa ini rasa apa. Ini juga enak.
Selfie sama Naho-chan
Selesailah petualangan di Gaigosai hari ketiga.
Ditutup dengan nonton bareng Sarah, terus karaoke 2 jam gara-gara baper dan pingin teriak-teriak habis liat "Kimi no Na wa".
Recommended banget deh nih film! (Malah promosi film)

Pingin tau lebih banyak?
Klik untuk Gaigosai Hari Keempat.

Tidak ada komentar: